Hell Yeah Pointer 6

Membentuk Brand Identy

Cara Membuat Identitas Merek yang Kuat (Panduan Langkah-demi-Langkah)


Identitas merek yang kuat tidak terjadi dalam semalam. Anda tidak bisa hanya memilih beberapa warna dan menampar logo. Anda perlu mendekati desain Anda secara strategis. Ini membutuhkan pemikiran yang mendalam, tim dengan keterampilan komunikasi dan desain yang kuat, dan pemahaman yang mendalam tentang merek Anda.

Kabar baiknya adalah bahwa meskipun ini mungkin tampak menakutkan, tidak harus begitu. Dengan panduan yang tepat Anda dapat bergerak melalui proses secara efektif dan menghasilkan identitas merek yang benar-benar hebat. Untungnya, kami dapat memberikan panduan itu.

Di sini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang merancang identitas merek, bersama dengan tips dan alat terbaik kami untuk melakukannya. Tetapi sebelum Anda mulai membuat sketsa logo Anda, mari kita mulai dengan beberapa dasar-dasar identitas merek.
Apa itu Identitas Merek?

Apakah itu logo Anda? Palet warna Anda? Gaya infografis Anda? Itu semua - dan banyak lagi.

Branding Marty Neumeier mendefinisikan identitas merek sebagai "ekspresi luar dari suatu merek, termasuk merek dagang, nama, komunikasi, dan penampilan visualnya." Bagi kami, identitas merek adalah jumlah penampilan dan rasa merek Anda, dan berbicara kepada orang-orang. (Kadang-kadang itu bahkan termasuk bagaimana hal itu terdengar, terasa, terasa, dan bahkan berbau.)

Pada akhirnya, identitas merek adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia, membedakan diri Anda dari pesaing Anda, dan menciptakan pengalaman merek yang mendorong orang untuk terlibat dengan Anda.

Beberapa merek meninggikan identitas merek menjadi sebuah seni (pikirkan Apple, LEGO, atau Levi's). Beberapa merek membuatnya menjadi tempat bermain mereka (pikirkan Warby Parker atau Casper). Sayangnya, beberapa merek (oke, banyak) kesulitan karena mereka tidak tahu siapa mereka atau tidak tahu bagaimana cara mengkomunikasikannya secara efektif. (Tidak yakin apakah identitas merek Anda saat ini cocok untuk Anda? Berikut 9 tanda tidak.)

Terlepas dari di mana Anda jatuh pada spektrum itu, satu hal yang pasti. Jika Anda ingin menjadi perusahaan yang kompetitif dan sukses, membuat identitas merek yang kuat adalah wajib. Ketika Anda berhasil berkomunikasi siapa Anda, Anda dapat berkomunikasi lebih baik dengan orang lain dan membentuk hubungan yang kuat yang Anda butuhkan untuk kesuksesan jangka panjang.
Apa Sertakan Identitas Merek?

Logo dan palet warna saja tidak membuat identitas merek. Saat mendesain identitas Anda, Anda perlu membuat bahasa visual yang komprehensif yang dapat diterapkan untuk semua hal, mulai dari situs web hingga kemasan Anda. Bergantung pada merek Anda (dan jenis konten yang Anda rencanakan untuk dibuat), kebutuhan Anda mungkin lebih luas, tetapi identitas merek dasar meliputi:

  • Logo
  • Warna
  • Tipografi
  • Desain sistem
  • Fotografi
  • Ilustrasi
  • Ikonografi
  • Visualisasi data
  • Elemen interaktif
  • Video dan gerak
  • desain web

Ingat: Identitas merek Anda harus diterjemahkan di seluruh media, jadi sertakan semua yang Anda butuhkan untuk memastikannya.
How to Create a Powerful Brand Identity | Studio 1 Design ...
 

Kunci Identitas Merek yang Kuat

Yang mengatakan, hanya karena Anda merancang elemen-elemen itu tidak berarti mereka efektif. Identitas merek yang kuat perlu berfungsi untuk semua orang, baik tim internal Anda (mis., Duta merek, pembuat konten) dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (mis., Pelanggan). Saat Anda memulai proses desain, pastikan identitas merek Anda adalah:

Perbedaan: Ini menonjol di antara pesaing dan menarik perhatian orang.
Berkesan: Ini membuat dampak visual. (Pertimbangkan Apple: Logo ini sangat mengesankan sehingga mereka hanya memasukkan logo - bukan nama mereka - pada produk mereka.)
Dapat diukur dan fleksibel: Dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.
Kohesif: Setiap bagian melengkapi identitas merek.
Mudah diaplikasikan: Sangat intuitif dan jelas untuk digunakan oleh para desainer.

Jika salah satu dari elemen ini hilang, itu akan menjadi tantangan bagi tim merek Anda untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.
Cara Membangun Identitas Merek

Untuk menghilangkan bukti proses untuk Anda, kami telah menyusun panduan langkah demi langkah untuk membangun identitas merek. Prosesnya mungkin tampak menakutkan, tetapi kami telah berkali-kali melakukannya dengan mitra kreatif kami (dan melalui rebranding kami sendiri), jadi kami tahu secara langsung kesalahan apa yang harus dihindari, dan bagaimana membuatnya lebih mudah bagi semua orang.

Jika merek Anda masih dalam tahap awal atau bersiap untuk mengubah citra dan tidak yakin harus mulai dari mana, ikuti kiat ini untuk bergerak melalui proses dengan mulus dan membangun identitas merek yang lebih kuat yang membuat Anda siap untuk sukses.
Langkah 1: Selesaikan Strategi Merek Anda

Strategi merek Anda adalah rencana terperinci yang menguraikan dengan tepat apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda akan mencapainya. Terdiri dari:

Brand Heart (tujuan, visi, misi, nilai-nilai)
Perpesanan Merek (suara merek, kepribadian, tagline, value prop, pilar perpesanan merek)
Identitas Merek (logo, warna, tipografi, dll.)

Identitas merek Anda benar-benar alat untuk membantu Anda mengkomunikasikan merek Anda secara visual, sehingga mendukung strategi merek Anda. Dengan demikian, sebelum Anda menyelami identitas merek Anda, penting untuk memiliki strategi yang sepenuhnya sempurna.


  • -           Kenali Personas Anda

Identitas merek Anda adalah "wajah" yang berinteraksi dengan seluruh dunia. Apa pun yang Anda buat harus secara akurat mengomunikasikan siapa Anda. Namun, satu kesalahpahaman umum adalah bahwa identitas merek secara eksklusif diinformasikan oleh apa yang ingin disajikan merek Anda. Ini tidak sepenuhnya benar. Ini juga diinformasikan oleh pelanggan merek Anda ingin terlibat dengan, atau terbiasa berinteraksi dengan. Jika identitas Anda tidak beresonansi dengan mereka, itu tidak akan efektif.
Ini tidak selalu berarti pelanggan merek Anda akan memilih warna logo Anda; itu berarti bahwa Anda akan membuat pilihan desain yang lebih efektif setelah Anda memahami kebutuhan, keinginan, dan nilai-nilai mereka.
    Bagaimana cara melakukannya
Untuk memahami siapa yang Anda coba jangkau, cobalah latihan mudah ini untuk membuat persona yang mewakili segmen target Anda yang berbeda. Personas ini mengidentifikasi informasi demografis dan psikografis yang memberi Anda wawasan tentang siapa orang-orang ini dan apa yang mendorong mereka.
Di luar audiens utama Anda (pelanggan), Anda juga ingin mempertimbangkan bagaimana kelompok sekunder atau tersier dapat melihat merek Anda (mis., Merek lain atau karyawan potensial). Informasi ini juga dapat memengaruhi keputusan desain Anda.

  •  Identifikasi Kompetisi Anda

Membangun identitas merek adalah semua tentang diferensiasi: membuat merek Anda terlihat, relevan, dan unik. Namun, tanpa pemahaman yang kuat tentang lanskap kompetitif Anda, mudah untuk berbaur. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tidak hanya siapa pesaing Anda tetapi bagaimana membandingkan merek Anda, dalam persepsi dan presentasi.
    Bagaimana cara melakukannya
Untuk mendapatkan gambaran tentang kompetisi, ikuti panduan kami untuk menyelesaikan analisis persaingan. Saat Anda bergerak melalui proses, berikan perhatian khusus pada bagaimana pesaing Anda menampilkan diri dalam hal elemen visual umum, tren, tema visual khusus industri, kepribadian merek, dll.
Sebagai contoh, kami pernah melakukan riset kompetitif untuk sebuah merek dan menemukan bahwa semua pesaing mereka menggunakan empat warna yang sama persis. Ini tidak biasa, karena banyak industri cenderung condong ke elemen visual yang sama (pikirkan Netflix dan warna merah YouTube), tetapi itu mengungkapkan peluang besar untuk membedakan.

Salah satu contoh penting dari ini: Pada tahun 2011, platform video Twitch membuat percikan dengan branding mereka yang berwarna ungu, pada saat pesaing mereka menggunakan warna hijau dan merah yang berani. Warna langsung menjadi ciri khas merek mereka. (BTW, perusahaan itu sangat sukses sehingga dijual ke Amazon dengan harga $ 1 miliar pada tahun 2014.)

  • Tulis Brief Kreatif Anda

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya, Anda memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk memulai desain. Namun, Anda tidak boleh langsung masuk. Mulai dengan brief kreatif yang merinci info terkait yang Anda butuhkan untuk menjaga tim Anda pada halaman yang sama — dan memastikan Anda membuat identitas visual yang selaras dengan merek Anda.
    Bagaimana cara melakukannya
Gunakan template singkat kreatif kami. Catatan: Jangan berikan terlalu banyak atau terlalu sedikit info. Brief Anda harus selalu memberi informasi, bukan membingungkan.


  • Brainstorming Visual Anda

Pada saat ini, Anda memiliki banyak informasi untuk membantu menginformasikan ide, antara analisis persaingan Anda, audit merek, personas, dan brief. Pada tahap ini, Anda ingin mengambil informasi berbasis teks itu dan menerjemahkannya ke dalam konsep visual.
Untungnya, informasi yang Anda miliki sering penuh dengan bahasa emosional tentang kepribadian, tujuan, dan nilai-nilai merek Anda. Sekarang tantangannya adalah untuk mencari tahu bagaimana berkomunikasi dan meningkatkan sentimen-sentimen itu melalui visual.
    Bagaimana cara melakukannya
Untuk memulai, minta tim Anda melakukan brainstorming kata cloud yang menggambarkan merek Anda. (Atau Anda bisa mulai dengan 5-7 deskriptor untuk memulai.) Fokusnya bukan untuk mengaitkan kata dengan kata lain. Tujuannya adalah menghidupkan kata-kata itu melalui visual.
Pikirkan tentang apa yang membuat Anda memvisualisasikan kata-kata itu. Asosiasi mungkin abstrak, tetapi penting untuk mengeluarkan semuanya. Misalnya, jika layanan merek Anda "cepat," jangan bicara tentang kata lain untuk "cepat" (mis., "Cepat"). Pikirkan tentang apa yang dipikirkan oleh puasa.
 


0 Response to "Membentuk Brand Identy "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel