Hell Yeah Pointer 6

Analisa SWOT

Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Tetapi, kepemimpinan perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan ini sendiri. Untuk hasil terbaik, kamu ingin mengumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan kamu, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki andil.
Perusahaan yang inovatif bahkan melihat di luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka. Jika kamu memulai atau menjalankan bisnis sendiri, kamu masih dapat melakukan analisis SWOT.
Rekrut sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan kamu, atau bahkan vendor dan pemasok. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.
Bisnis yang ada dapat menggunakannya untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk bergerak maju. Tetapi, ingatlah bahwa segala sesuatunya terus berubah dan kamu ingin menilai kembali strategi kamu, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga 12 bulan.
Untuk pemula, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi agar kamu memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang akan kamu tuju.

Faktor-Faktor Analisis SWOT

  1. Faktor Eksternal (Opportunity and Threats)
  • Tren
  • Lingkungan
  • Budaya
  • Ideologi
  • Sosial Politik
  • Perekonomian
  • Perkembangan Teknologi
  • Sumber-sumber Permodalan
  • Peraturan Pemerintah
  • Peristiwa-peristiwa yang terjadi
  1. Faktor Internal (Strength and Weakness)
  • Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
  • Keuangan atau finansial
  • Sumber daya yang dimiliki

Metode Analisis SWOT

Merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya adalah:
  1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
  3. bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan.

Matriks SWOT

Matrix SWOT dikembangkan oleh Wheelen dan Hunger. Kolom vertikal berisi External Factor Analysis Summary (EFAS), dan Baris horizontal berisi Internal Factor Analysis Summary (IFAS).
Pada sel Strengths-Oppurtunities (SO) diprogramkan strategi memanfaatkan peluang berkembang dengan menggunakan kekuatan yang ada.
Pada sel Weakness-Oppurtunities (WO) diprogramkan strategi memanfaatkan peluang berkembang dengan mengatasi kelemahan internal.
Pada sel Strengths- Threats (ST) disusun stategi memanfaatkan kekuatan untuk menghindari ancaman.
pada sel Weakness-Threats (WT) dibangun stategi memperkecil kelemahan dan pada saat yang sama menghindari ancaman eksternal.

Cara Membuat Analisis SWOT

Ada dua langkah utama untuk membuat analisis SWOT:
  1. menguraikan apa saja yang yang ada di empat komponen utama analisis SWOT (strengthweaknessopportunities, dan threats)
  2. setelah menguraikan empat faktor tersebut, maka selanjutnya adalah membuat strategi berdasarkan matriks SWOT

Menguraikan 4 Komponen Analisis SWOT

swot-elemen
Untuk melakukannya, kita perlu membuat beberapa list pertanyaan dan juga dijawab sendiri seperti berikut ini:

Strength (Kekuatan)

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman)

  • Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Membuat Strategi Analisis SWOT

Strategi ini dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matriks SWOT.
Dengan daftar yang ada, maka kita harus mampu membuat strategi sebagai berikut:
  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) kita bisa mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada saat ini.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang menghambat kita dalam mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi berbagai hambatan atau ancaman (threats) yang ada.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang mampu membuat ancaman (threats) baru.

Apa yang kamu lakukan setelah analisis SWOT selesai dianalisis?

Dengan analisis kamu selesai, kamu siap untuk mengubahnya menjadi strategi nyata. Bagaimanapun, latihan ini adalah tentang menghasilkan strategi yang dapat kamu kerjakan selama beberapa bulan ke depan.
Langkah pertama adalah melihat kekuatan kamu dan mencari tahu bagaimana kamu dapat menggunakan kekuatan itu untuk memanfaatkan peluang. Lalu, lihat bagaimana kekuatan itu bisa memerangi ancaman yang ada di pasar. Gunakan analisis ini untuk menghasilkan daftar tindakan yang dapat bisa dilakukan.
Dengan daftar tindakan di tangan, lihat kalender perusahaan dan mulailah menempatkan sasaran (atau tonggak) di atasnya. Apa yang ingin dcapai dalam setiap kuartal kalender (atau bulan)? Apakah bergerak maju atau mundur?
Kamu juga ingin melakukan ini dengan menganalisis bagaimana peluang eksternal dapat membantu mengatasi kelemahan internal. Bisakah meminimalkan kelemahan itu sehingga kamu dapat menghindari ancaman yang teridentifikasi?
Sekali lagi, kamu akan memiliki daftar tindakan yang ingin diprioritaskan dan dijadwalkan.
Berdasarkan penilaian SWOT, berikut adalah beberapa strategi potensial untuk pertumbuhan untuk membantu kamu memikirkan bagaimana menerjemahkan SWOT menjadi sasaran yang dapat ditindaklanjuti.

Strategi potensial untuk pertumbuhan perusahaan atau usaha

1. Selidiki investor. Perusahaan dapat menyelidiki opsi untuk mendapatkan modal.
2. Buat rencana pemasaran. Karena perusahaan ingin menjalankan strategi pemasaran khusus.  perusahaan harus mengembangkan rencana pemasaran.
3. Rencanakan grand opening. Bagian penting dari rencana pemasaran itu adalah pembukaan perdana toko, dan strategi promosi yang diperlukan untuk mendapatkan target pasar.
Sudah dijelaskan kan mengenai pentingnya analisis SWOT untu perusahaan startup atau usaha apapun bahkan bisa loh digunakan untuk diri sendiri. Selain itu apalagi sih yang penting untuk perusahaan startup? Jawabnya adalah digitalisasi guys. Yup, sekarang semua didigitalisasi sehingga bahkan absen karyawan pun bisa loh didigitalisasi. Lengkap dengan fitur deteksi tipuan jadi no tipu-tipu atau titip absen ya serta fitur geotagging yang berfungsi untuk absen dimanapun dalam radius tertentu dari kantor dan harus menggunakan scan wajah loh. Kayak aplikasi JojoTimes ini nih. Bahkan aplikasi ini sudah dipakai oleh beberapa perusahaan startup lainnya loh karena paperless membuatnya jadi lebih ramah lingkungan. Selamat mencoba kawan-kawan

0 Response to "Analisa SWOT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel